Monday, February 27, 2012

Sarana Pendukung dalam Meraih Kesuksesan dalam Dunia Usaha

Sukses dalam usaha menjadi dambaan setiap orang terutama bagi mereka yang memang memiliki sebuah usaha. Tentunya sukses tidak hanya dijadikan sebagai impian belaka, namun perlu hal yang diusahakan demi meraih kesuksesan itu. Apabila sukses dalam lingkup sendiri atau pribadi, hal yang perlu diperbaiki dan ditingkatkan adalah kualitas diri sendiri. Namun apabila hal yang ingin dibuat sukses adalah dalam dunia hal usaha kira-kira apa yang perlu ditingkatkan?

Sukses dalam hal usaha sebenarnya agak susah mewujudkannya. Hal ini disebabkan karena di dalam dunia usaha melibatkan banyak individu dengan kualitas kemampuan yang berbeda-beda. Apabila kita adalah seorang pemimpin dari usaha itu, maka kita perlu meningkatkan kualitas individu yang ada di dalamnya. Peningkatan kualitas individu salah satunya dapat dilakukan dari segi sarana dan prasarana yang ada pada kantor usaha kita. Misalnya jam kerja dan prasarana yang ada. Prasarana yang ada melingkupi ruang kerja yang memadai, kursi kantor yang nyaman dan tempat kerja yang nyaman dan bersih. Kursi Kantor yang empuk insya Allah membuat nyaman orang yang duduk di atasnya. Begitu juga setting ruangan kantor yang sesuai, seperti penempatan alat-alat kantor seperti mobile file bila sesuai, tentu akan membuat nyaman di dalamnya. Mengapa peningkatan kualitas prasarana diperlukan? Jelas hal ini sangat diperlukan. Para rekan kerja kita membutuhkan hal tersebut demi mendongkrak hasil kerja mereka.

Apabila hasil kerja mereka memuaskan maka pendapatan kantor usaha kita juga akan meningkat. Kita ambil contoh, misalnya kita memiliki sebuah kantor dengan ruang kerja pegawai yang bersih dan memadai. Maka dapat dipastikan bahwa hasil kerja para pegawai kita akan memuaskan karena didukung oleh sarana dan prasarana yang memadai. Ini akan berbeda dengan para pegawai yang bekerja ditempat yang kurang memadai atau tidak layak, kursi kantor yang tidak nyaman dan keras misalnya atau bahkan jam kerja yang tidak mengenal waktu. Sebagai seorang atasan, kita juga harus memberikan hak-hak yang layak pada para pekerja kita. Apabila kita sudah memegang prinsip tersebut maka dipastikan mereka yang notabene adalah bawahan kita akan bekerja sesuai apa yang kita berikan padanya.

Sekali lagi, dalam meniti kesuksesan dalam dunia usaha kita tetap harus menghargai dan menghormati bawahan kita. Bagaimanapun mereka juga manusia sama seperti kita. Maka dari itu, kita perlu menghargai hasil kerja keras mereka dengan memberi fasilitas dan sarana prasarana yang memadai dan layak. Jangan pernah berlaku sewenang-wenang pada mereka. Karena kita sebenarnya memiliki satu tujuan yang sama, yaitu menuju hidup sukses dan sejahtera.