Friday, February 24, 2012

Brankas untuk Semua Barang

Brankas adalah sebuah lemari yang pada umumnya berbentuk kotak yang biasa digunakan untuk menyimpan sesuatu yang berharga. Benda ini dapat menyimpan sesuatu tergantung dari ukurannya. Biasanya brankas digunakan untuk menyimpan uang, perhiasan maupun dokumen-dokumen berharga lainnya seperi sertifikat tanah, surat kepemilikan harta benda dan lain sebagainya.

Benda ini bukan hanya sekadar lemari kecil yang mirip laci saja, namun biasanya benda ini dilengkapi semacam kode rahasia untuk membukanya. Kode rahasia ini ada yang berbentuk manual dan digital tergantung jenisnya. Apabila dilihat dari segi harga tentunya brankas digital-lah yang lebih mahal. Biasanya brankas digital diberi semacam alarm karena apabila dalam membukanya kita salah memasukkan kode sebanyak tiga kali atau dalam jumlah tertentu maka alarm tersebut akan berbunyi. Pada umumnya brankas disimpan di tempat yang aman dan tersembunyi. Hal ini dikarenakan agar penyimpanan terhadap suatu barang akan terjaga kerahasiaannya.

Brankas biasanya ditaruh di laci bos sebuah perusahaan, di ruang kerja seseorang atau bahkan di kamar tidur seseorang. Ini tergantung dengan privasi masing-masing orang. Sekarang banyak orang yang beralih dalam hal penyimpanan barang berharganya terutama dalam masalah uang. Tak sedikit orang yang memindahkan uangnya ke brankas daripada di bank. Mereka beralasan bahwa penyimpanan uang di brankas lebih aman dan tidak akan berkurang jika tidak diambil oleh sang pemilik. Tidak hanya untuk menyimpan uang. Brankas dapat menyimpan perhiasan dan surat-surat berharga. Desain bagian eksterior benda ini biasanya terbuat dari besi dan baja sehingga dapat terjaga keamanan dan keutuhan barang. Jadi kita tidak perlu khawatir bahwa surat-surat berharga kita akan dimakan rayap atau digigiti tikus. Benda ini pun sebenarnya agak susah untuk dijebol keamanannya. Namun tetap saja ada beberapa kasus yang menguap mengenai pembobolan brankas. Sebenarnya hal ini tergantung dari si pemilik. Apabila si pemilik dapat menjaga keamanan dan menjaga kerahasiaan tempat penyimpanan, maka hal ini perlu diperhatikan. Selain itu kita perlu memberi kode untuk membukanya. Jika perlu gunakan brankas dengan kode digital karena hal ini dapat dikontrol dengan komputer pula. Walaupun harganya agak mahal, namun demi kemanan mengapa tidak?

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah penggantian kode pembuka brankas. Hal ini diperlukan agar mencegah dari mata-mata yang hendak akan berlaku buruk pada anda. Namun anda jangan terlalu sering menggantinya, agar anda tidak lupa dengan kode tersebut.

Untuk di Hotel biasanya menggunakan brankas khusus yang disebut Brankas Hotel.