Wednesday, November 9, 2011

Informasi Seputar Papan Tulis

Apakah Papan Tulis?
Papan Tulis adalah media untuk mencatat sesuatu yang tulisannya dapat dihapus dan ditulis ulang. Bahannya berbagai macam bisa dari kayu atau lembaran papan. Untuk papan tulis kapus umumnya didasari cat warna hitam atau hijau.

Untuk model yang sekarang umum dipakai, papan tulis yang terbuat dari lembaran papan yang dicat dengan cat yang tidak mengkilat. Papan tulis dipakai di sekolah-sekolah dan institusi pendidikan ataupun pelatihan. Tulisan yang dibuat dengan kapur tulis mudah dihapus dengan lap basah atau penghapus papan tulis yang dibuat dari secarik karpet yang ditempelkan di sepotong kayu. Sedangkan tulisan yang dibuat dari kapur tulis yang dibasahkan biasanya lebih sulit dihapus. Produsen papan tulis biasanya menganjurkan permukaan papan tulis yang baru dibeli supaya dipenuhi dulu dengan coretan-coretan lebar kapur tulis. Setelah coretan-coretan dihapus, papan tulis siap untuk digunakan.

Whiteboard
Papan tulis untuk spidol memiliki permukaan yang dicat licin yang biasa disebut white board. Sehingga spidol yang digunakan untuk menulis tidak meresap ke permukaan papan tulis dan mudah dihapus. Namun ada juga jenis spidol yang dapat meresap dan tidak dapat dihapus, atau bisa dikatakan permanen. Namun jenis ini biasanya dipakai untuk menulis dokumen penting agar tidak mudah hilang.

Saat ini banyak sekali beredar papan tulis dengan berbagai macam merk dan kualitas. Dapat dijumpai di berbagai toko peralatan kantor. Juga sekarang sudah banyak yang menjualnya secara online di internet memudahkan memesan papan tulis hanya dari rumah, dan barang langsung diantar ke rumah.