Tuesday, November 8, 2011

Informasi Seputar Meja Kantor

Anda tentu pernah beberapa kali melakukan kunjunjungan ke suatu kantor atau instansi. Misalnya; ke bank, kantor pos, tempat praktek dokter ataupun sekolah anak Anda misalnya. Pada tempat-tempat tersebut Anda pasti pernah dan sering melihat meja kantor. Meski sesederhana apapun meja kantor yang Anda lihat, pasti akan selalu ada dan sangat dibutuhkan.

Fungsi Meja Kantor
Meja Kantor mempunyai fungsi-fungsi umum seperti misalnya tempat meletakkan alat tulis maupun dokumen-dokumen kecil; juga memiliki fungsi lain sebagai pengisi interior ruangan serta sebagai penunjuk kelas dan status sosial.

Berikut adalah fungsi umum meja kantor:
  1. tempat meletakkan komputer
  2. tempat meletakkan ATK (alat tulis kantor)
  3. tempat menerima tamu atau klien
  4. tempat meletakkan buku-buku catatan
  5. laci meja sebagai tempat menyimpan barang kerja yang dibutuhkan

Sedangkan fungsi khusus meja kantor adalah:
  1. Tempat memajang jargon Perusahaan. Semisal barang pernak-pernik yang memuat logo perusahaan, seperti; kalender meja, pen holder, wadah permen, dan lain sebagainya.
  2. Pengisi interior ruang. Dalam mengeksplorasi fungsi khusus yang satu ini kadangkala sampai membutuhkan bantuan seorang ahli interior untuk menata peletakkan, pemilihan meja serta modelnya, background meja, benda-benda pendamping meja kantor seperti; pot bunga, lukisan, ataupun kursi yang digunakan
Bahan Pembuat Meja Kantor
Bahan pembuat Meja Kantor menggunakan bahan dasar yang bermacam-macam, misalnya kayu solid, metal seperti besi atau aluminium, ataupun dari plastik dan rotan.

Sedang bahan pelapis meja kantor bisa terdiri atas papan multipleks, fiberboard, bahan MDF (Medium Density Fiberboard) serta blockboar.

Jenis Meja Kantor
Penempatan serta penggunaan meja kantor dapat disesuaikan berdasarkan jenis dari meja kantor itu sendiri. Ada meja kantor yang dibuat mengacu pada desain minimalis, desain tradisional, maupun konsep standar serta desain konvensional.

Jenis-jenis meja kantor tersebut tinggal disesuaikan penggunaannya dengan konsep ruang yang melatari. Semisal kantor yang bergerak dalam bidang art design maka meja kantor yang digunakan harus bertema lebih unik dan bernilai kreatifitas tinggi.

Sedangkan kantor yang bersifat resmi dan formal, seperti kantor pejabat ataupun kantor ticketing pesawat; mungkin memerlukan meja kantor yang berdesain agak resmi. Model dan desain minimalis terasa lebih cocok mengisi kantor seperti ini. Sedangkan ruang praktek dokter, atau kantor seorang dekan cukup memerlukan meja kantor bertipe konvensional dengan konsep standar namun multi fungsi.

Tips Perawatan Meja Kantor
Dalam praktenya sebuah meja kantor memiliki tugas dan beban yang berat. Karena sebagai benda pendukung aktifitas kerja Anda, tampilan meja kantor pun akan menunjukkan karakter si pemilik atau pemakai meja.

Karena itu sebaiknya Anda pun mengetahui tips-tips perawatan meja kantor yang Anda gunakan. Berikut ini dapat Anda simak informasinya:
  1. Jangan melap meja kantor dengan lap basah, tapi cukup gunakan lap lembab saja.
  2. Gunakan lap dengan bahan lembut supaya tidak menimbulkan goresan pada permukaan meja kantor.
  3. Apabila meja kantor kotor oleh debu saja, cukup gunakan kemoceng (bulu ayam) untuk membersihkan debunya, tanpa perlu dilap.
  4. Apabila ingin memindahkan letak meja kantor, sebaiknya diangkat jangan menggesernya atau diseret; karena akan membuat meja rusak. Terutama pada sambungan-sambungannya atau pada kaki meja.

Demikian artikel informasi seputar meja kantor meja kantor ini, semoga bermanfaat :)

Sumber: anneahira.com